Pages

Friday 7 December 2018

Air Terjun Sidoharjo, Air Terjun yang Indah dan Eksotis di Samigaluh, Kulonprogo, Yogyakarta

iwanwidi.blogspot.com - Di Yogyakarta khususnya Kulonprogo, menyimpan begitu banyak wisata alam yang sungguh memesona untuk dikunjungi sewaktu musim liburan tiba. Pada posting-an saya kali ini, masih akan membahas tentang wisata alam yang berada di Kulonprogo, Yogyakarta. Ada begitu banyak wisata alam air terjun alami yang tersebar. 

Traveling saya kali ini menuju ke Air Terjun Sidoharjo yang berlokasi di Sidoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Air terjun ini merupakan salah satu air terjun yang masih alami atau masih "perawan". Dengan harga tiket yang tergolong murah dan tidak menguras kantong yaitu Rp. 3.000,00/orang. 

 
Keindahan Air Terjun Sidoharjo
(photo by: Iwan Widi)

Air terjun Sidoharjo ini adalah air terjun tertinggi yang berada di Kulonprogo, Yogyakarta. Untuk menikmati keindahan air terjun inipun kita harus datang saat musim hujan tiba, karena bila datang saat musim kemarau maka debit airnya tidak begitu deras. Di sepanjang perjalanan dari area parkir banyak ditumbuhi pohon yang lebat sehingga suasana di tempat ini begitu alami dan sejuk. Diperlukan sekitar 20 menit untuk berjalan kaki menyusuri jalan yang telah dibuatkan oleh warga setempat. 

Saya mengunjungi tempat wisata ini beberapa hari yang lalu dan hari biasa, jadi tidak begitu ramai yang traveling ke tempat ini. Suasana yang sepi diiringi dengan kesejukan alam di sekitar air terjun ini akan sangat terasa saat berada di tempat ini sehingga kita akan betah untuk berlama-lama di tempat ini. Keindahan alam disini sangat cocok untuk dikunjungi saat kita mengalami kejenuhan karena sibuknya aktifitas kerja setiap harinya dan "kabur" dari penatnya kota.

Kita juga akan dimanjakan dengan keindahan air terjun lainnya yang berada tidak jauh dari air terjun ini. Meski tidak begiti tinggi, tetapi air terjun ini sangat deras. Akses jalan untuk menikmati keindahan air tejun yang kedua ini tergolong mudah karena sudah dibuatkan jalan paving menuju ke bawah air terjunnya. Diperlukan kehati-hatian saat menuju ke tempat yang satu ini karena jalan yang licin. 

Foto Air Terjun Alami lainnya
(photo by: Iwan Widi)

Bagi anda traveler yang akan mengunjungi ke tempat wisata ini, ada baiknya menyediakan bekal sebelum menuju ke tempat wisata Air Terjun Sidoharjo ini. Sediakan makanan dan minuman untuk menempuh perjalanan yang lumayan menguras tenaga. Wisata air tejun ini cocok untuk anda kunjungi bersama teman, pasangan maupun keluarga. Fasilitas penunjang pun sedang dalam tahap pembangunan seperti jalan yang akan dihaluskan menggunakan semen serta sudah tersedia juga toilet yang cukup luas.  

Akses menuju ke Air terjun Sidoharjo ini tergolong mudah untuk diakses kendaraan bermotor. Kendaraan roda 2 menjadi kendaraan yang akan dengan mudah mengakses tempat ini meski kendaraan roda 4 pun bisa dan diperlukan kehati-hatian. Menemukan lokasi air tejun inipun tergolong mudah, apalagi di jaman modern ini; traveler bisa menggunakan aplikasi Google Maps yang ada di smartphone. 


Wisata alam memang selalu menawarkan keindahannya untuk kita nikmati bersama. Untuk menjaga keindahan alam Indonesia kita, alangkah baiknya jika kita menaati segala peraturan yang ada di berbagai tempat wisata seperti membuang sampah pada tempatnya. Tidak banyak yang akan saya jelaskan mengenai keindahan Air Terjun Sidoharjo ini. Anda bisa mencoba mengunjungi tempat ini untuk menikmati langsung keindahannya. Saya mengucapkan terima kasih karena telah mampir di blog saya ini. Saya berharap artikel ini bermanfaat untuk anda yang ingin mencari wisata untuk refreshing. Salam Dolan dan Salam Sejahtera bagi kita semua.(sumber: Wisata Alam Air Terjun Sidoharjo)


No comments:

Post a Comment