Pages

Monday 26 February 2018

Puncak Setuko, Wisata Alam Menarik dan Unik

iwanwidi.blogspot.com - "Traveling - it leaves you speechless, then turns you into a storyteller." - Ibn Battuta. Halo apa kabar ? Semoga sehat selalu ya. Pada postingan saya kali ini, saya masih membahas tentang wisata alam. Wisata alam ini juga masih dalam wilayah Magelang. Tidak terlalu jauh dari Bukit Asri Kertojoyo, kita akan menemukan wisata alam lainnya. Nama wisata alam ini adalah Puncak Setuko. Lokasi wisata ini di Desa Kemutuk, Tempuran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. 


Hampir sama dengan Bukit Kertojoyo, bedanya di tempat ini hutan pinusnya tidak terlalu lebat. Disini kita akan disuguhkan panorama alam Magelang yang dapat kita saksikan di atas bukit. Selain itu wisata ini juga masih asri. Seperti pada foto diatas, untuk masuk menuju ke wisata ini kita harus berhati-hati. Jalan yang licin akan kita lalui saat kita berkunjung kesini setelah hujan. Kita akan melalui jalan ini tidak sampai 1 km. 



Sesampainya di loket masuk kita akan membayar HTM wisata alam ini. Harga tiket masuknya Rp. 5000,-/orang dan Harga tiket parkirnya Rp. 2000,-/roda 2 dan Rp. 5000,-/roda 4. Tergolong murah dan tidak menguras kantong bukan? Dengan harga tiket yang murah, kita bisa menikmati beberapa fasilitas yang ada di tempat ini. Mulai dari gardu pandang, gazebo, dan lain sebagainya bisa kita nikmati di wisata ini. Salah satu spot foto yang unik disini adalah spot foto berbentuk kapal yang ada di wisata ini. 


Disini kita berfoto-foto dengan background panorama alam yang indah dan juga spot foto yang dibuat oleh penduduk sekitar. Tidak perlu khawatir kepanasan, karena ada beberapa bangku yang bisa kita gunakan untuk duduk santai di tempat ini yang dibangun di bawah pohon. Tempat wisata yang tergolong luas ini cocok untuk yang suka traveling ke alam dan juga bisa untuk wisata keluarga. Bila anda berkunjung kesini, ajaklah teman, pasangan atau keluarga untuk menikmati indahnya Magelang dilihat dari wisata alam ini. 


Saran saya tetap berhati-hati saat berkunjung kesini apalagi setelah turun hujan. Selain itu tetap menjaga kebersihan di wisata ini. Sayang sekali jika wisata yang indah ini kotor oleh sampah bukan? Di tempat ini juga bisa digunakan untuk camping. Ada sebuah tempat yang cukup luas untuk mendirikan tenda disini. Tidak hanya gardu pandang dan gazebo, di tempat ini juga menawarkan panorama sunrise saat kita datang ke tempat ini saat pagi hari sebelum matahari terbit. Ada satu lagi yang unik disini adalah sebuah pohon ajaib. Dikatakan pohon ajaib karena pohon ini tumbuh dengan dihimpit oleh sebuah batu besar di bawahnya. Pohon ini juga berada dekat dengan spot sunrise di wisata alam ini.


Untuk fasilitas yang ada di tempat ini ada Mushola, Warung, dan Area parkir yang cukup luas. Tertarik berkunjung ke wisata alam ini? Rute untuk ke tempat ini hampir sama dengan rute ke Bukit Asri Kertojoyo, hanya saja untuk ke wisata alam ini masih sedikit naik keatas kurang lebih 2 km. 
Rute : Magelang - Pasar Jambu Tempuran - Demesan - Desa Kemutuk - Puncak Setuko.
(*untuk lebih mudahnya menemukan wisata alam ini, anda bisa menggunakan Google Maps dengan search kata kunci Puncak Setuko)

Inilah yang bisa saya bagikan kepada anda semua tentang wisata alam ini. Tidak terlalu banyak memang, tetapi saya berharap postingan saya ini bermanfaat untuk anda semua. Bila ada kesalahan di dalam penulisan postingan ini, saya minta maaf. Saya ucapkan banyak terima kasih telah menyempatkan waktunya untuk berkunjung di blog saya ini. Sekian dan Terima Kasih. Shalom.(Sumber: Wisata Alam Puncak Setuko)








No comments:

Post a Comment