Pages

Friday 13 April 2018

Curug Silawe, Surga Tersembunyi di Lereng Gunung Sumbing Magelang

iwanwidi.blogspot.com - Halo Sobat Traveler! Apa Kabarnya? Semoga sehat selalu ya. Pada kesempatan kali ini saya akan kembali mem-posting sebuah wisata curug atau wisata air terjun. Air terjun yang akan saya posting ini merupakan sebuah air terjun yang begitu indah menurut saya. Destinasi wisata air terjun ini juga merupakan salah satu wisata yang cukup terkenal di Magelang. 

Nama air terjun ini adalah Curug Silawe. Curug ini terletak di Dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Berada di bawah lereng Gunung Sumbing dengan ketinggian lokasi 500 meter dari permukaan air laut. Curug ini juga merupakan salah satu curug dengan debit air yang cukup deras. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter.

Foto Curug Silawe (photo by: Iwan Widi)

Sebelum kita sampai ke lokasi curugnya, kita akan berjalan kaki menuruni jalan setapak yang cukup mudah untuk dilalui. Sepanjang jalan kita akan mendengar gemericik derasnya air dari curug ini. Sediakan bekal baik itu makanan maupun minuman, karena anda akan menuruni tangga yang lumayan jauh. Salah satu pesona keindahan dari Curug Silawe ini adalah letaknya yang berada di antara rerimbunan pohon. Suasana yang menyejukan akan sobat traveler rasakan saat berkunjung ke destinasi wisata yang satu ini. Tempat yang teduh juga merupakan salah satu kelebihan dari curug ini. Di lokasi wisata ini tidak hanya terdapat 1 air terjun saja melainkan ada air terjun lain yang juga masih bisa kita rasakan di tempat ini. Nama curug yang satunya adalah Curug Sigong yang memiliki ketinggian sekitar 40 meter.

Foto Curug Sigong (photo by: Iwan Widi)

Curug Sigong ini juga tidak kalah indah dari Curug Silawe. Meskipun tidak setinggi Curug Silawe tetapi debit airnya juga cukup deras. Bila kita berlama-lama berada di bawahnya maka kita akan basah kuyup terkena air yang jatuh dari curug ini. Sedikit saran bila ingin menuju ke Curug yang satu ini hati-hati saat menyusuri anak tangga karena anak tangga ini cukup licin untuk dilewati. 

Disini kita juga akan menemukan sebuah jembatan yang bisa kita jadikan sebagai spot foto yang cukup menarik. Di jembatan ini kita bisa melihat keindahan curug dari kejauhan. Selain itu ada juga sebuah tempat yang bisa kita gunakan untuk melihat keindahan curug dari ketinggian meskipun sedikit tertutup oleh pepohonan.

Jembatan di Curug Silawe (photo by: Iwan Widi)

Melihat Curug Silawe dari Ketinggian (photo by: Iwan Widi)

Destinasi wisata ini bisa menjadi salah satu wisata yang bisa masuk agenda sobat traveler saat berkunjung di Magelang. Wisata ini cocok untuk wisata bersama keluarga, teman maupun pasangan. Wisata ini tergolong murah dan tidak menguras kantong. Sobat traveler cukup membayar harga tiket masuk sebesar Rp. 5000,-/orang dan Rp. 2000,- untuk parkir kendaraan bermotor roda 2. Murah bukan? Bila ingin berkunjung ke wisata ini, disarankan menggunakan kendaraan bermotor roda 2 karena jalan menuju loket wisata cukup kecil yang hanya bisa dilewati satu mobil saja. Jalan menuju loket juga tergolong agak susah, kita akan melewati jalan berbatu yang menanjak cukup tinggi. Kondisi kendaraan bermotor juga bisa berpengaruh saat kita akan ke wisata ini.


Saya akan membagikan Rute menuju wisata ini yang tidak terlalu sulit untuk dipahami.
Rute I : Magelang - Bandongan - Kaliangkrik - Desa Sutopati - Curug Silawe.
Rute II : Magelang - Tempuran - Salaman - Kajoran - Desa Sutopati - Curug Silawe.
(*anda bisa menggunakan Google Maps untuk menemukan rute termudah menemukan lokasi wisata ini)

Cukup sekian yang bisa saya bagikan kepada anda semua sobat traveler. Wisata ini cukup menarik bagi yang menyukai wisata alam dengan berbagai tantangan. Saya mengucapkan banyak terima kasih telah mengunjungi blog saya ini dan membaca setiap post yang ada di blog saya ini. Selamat Berlibur.(Sumber: Wisata Alam Curug Silawe dan Curug Sigong)






No comments:

Post a Comment