Pages

Tuesday 6 February 2018

Pesona Keindahan Candi Mendut dan Mendut Buddhist Monastery

iwanwidi.blogspot.com - Kalau sebelumnya saya pernah mem-posting tentang Candi Selogriyo dan Candi Ngawen, pada kesempatan kali ini saya akan mem-posting tentang Candi Mendut. Candi ini terletak di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi ini sekitar 38 km ke arah barat laut dari Yogyakarta atau sekitar 3 km dari Candi Borobudur. Didirikan sekitar abad ke IX dan pada tahun 1836 candi ini digali dari reruntuhan serta semak-semak. Upaya pemugaran kembali dimulai sejak tahun 1897 hingga tahun 1925 yang menghasilkan bentuk seperti sekarang. Namun demikian  belum seluruh atap terpasang karena batu asli belum ditemukan secara lengkap. Para ahli purbakala yang pernah meneliti candi ini antara lain JG de Casparis Th van Erp dan Arisatya Yogaswara.

Candi Mendut

Seperti halnya candi lainnya, candi ini diperkirakan dibangun oleh Wangsa Syailendra pada tahun 824 M. Candi Mendut ini juga merupakan sebuah candi yang bercorak Budha. Karena di lokasi ini bisa kita temukan patung-patung Budha saat kita berkunjung ke wisata ini. Selain itu bila kita berkunjung ke wisata ini pada saat Hari Raya Waisak, maka kita akan menemukan banyak umat Budha yang bersembahyang di wisata ini. Bila kita lihat gambar diatas, maka kita melihat keindahan yang nampak dari Candi Mendut ini. 


Patung yang Berada di Tengah Candi Mendut

Relief yang Berada disekitar Candi Mendut

Di lokasi Candi Mendut ini terdapat tempat ibadah yang berada di dalam candi dengan 3 patung dewa utama umat Budha. Saat kita memasuki tempat ini, kita akan mencium aroma bakaran dupa yang ada didalamnya. Selain itu, kita bisa melihat-lihat relief yang ada di bagian luar candi ini yang begitu menarik untuk kita lihat satu persatu relief. Di beberapa titik lokasi ini kita akan menemukan beberapa larangan untuk tidak memanjat batu-batu di candi ini.  Kita bisa berfoto dan ber-selfie ria dengan keluarga, teman maupun pasangan tetapi jangan lupa untuk mentaati peraturan yang ada di lokasi wisata ini ya Guys

Seperti juga wisata candi lainnya, panas terik matahari akan kita rasakan saat kita berkunjung ke wisata ini. Tidak perlu khawatir karena di dekat candi ini ada pohon besar yang bisa gunakan untuk berteduh dari  panasnya terik matahari siang. 

Setelah kita selesai menikmati indahnya candi ini, kita bisa membeli souvenir yang dijual di sekitar candi ini dan mengunjungi tempat ibadah umat Budha yang berada tidak jauh masih satu lokasi Candi Mendut ini. Nama lokasi ini Mendut Buddhist Monastery. Disini kita akan menemukan beberapa bangunan tempat berdoa umat Budha. 

Pintu Masuk Mendut Buddhist Monastery (photo by: Iwan Widi)

Foto Patung Budha (photo by: Iwan Widi)

Di Mendut Buddhist Monastery ini kita bisa berjalan-jalan melihat tempat ibadah dan juga beberapa patung Budha yang berada di tempat ini. Pada beberapa titik tertentu, ada sebuah anjuran untuk melepas alas kaki kita saat kita akan melihat lebih dekat baik itu bangunan tempat ibadah maupun patung yang berada di lokasi ini. 

Foto Patung Budha lainnya

Di tempat ini juga terdapat sebuah bangunan yang berbentuk gapura. Gapura ini juga memiliki nama yaitu "Gapura Hening Karta" dengan Catur Mukha, melambangkan Empat Moralitas Luhur.
1. METTA : Cinta Kasih (Loving Kindness)
2. KARUNA : Welas Asih (Compassion
3. MUDITA : Apresiasi (Appreciation)
4. UPEKKHA : Keteguhan (Equatimity)
Berikut akan saya bagikan gambar foto dari Gapura Hening Karta ini.

Gapura Hening Karta

Peresmian Gapura Hening Karta (photio by: Iwan Widi)

Candi Mendut dan Mendut Buddhist Monastery ini bisa kita kunjungi dengan mengajak keluarga, teman maupun pasangan kita. Untuk akses jalannya tergolong mudah dan juga bisa ditempuh menggunakan kendaraan baik itu roda 2 maupun roda 4. Karena wisata ini cukup terkenal, maka kita tidak akan kesulitan untuk menuju lokasi ini. Tetapi bila kita bingung, kita bisa menggunakan GPS untuk menemukan lokasi ini. Pesan saya, tetap jaga kebersihan dan mentaati setiap peraturan dimanapun kita travelling

Inilah postingan yang bisa saya bagikan mengenai Candi Mendut dan Mendut Buddhist Monastery ini. Mungkin anda bosan membacanya karena banyaknya tulisan di postingan ini, tetapi saya berharap postingan ini membantu anda traveler dalam menentukan sebuah agenda travelling anda. Bagaimana Guys? Tertarik berkunjung ke wisata ini? Ayo agendakan travelling kamu ke tempat ini dan wisata lainnya yang ada di Magelang. Akhir kata, saya berterima kasih telah menyempatkan waktunya mengunjungi dan membaca postingan saya ini. Jangan lupa baca postingan saya lainnya yang ada di blog saya ini. Sekian dan Terima Kasih. Shalom. (sumber: Candi Mendut dan Mendut Buddhist Monastery)







1 comment: