Pages

Monday 4 December 2017

Jelajah Keindahan Punthuk Mangir Gunung Payung

iwanwidi.blogspot.com - Magelang memang tidak habis-habisnya untuk selalu membuat tempat-tempat wisata baru untuk dikunjungi. Pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit mengulas tentang sebuah tempat wisata alam yang bisa dibilang masih baru dan mulai populer di Magelang. Sesuai dengan judunya, nama tempat wisata ini adalah Punthuk Mangir Gunung Payung. Mungkin banyak pembaca yang selalu bertanya-tanya, kenapa ya banyak wisata alam di Magelang menggunakan nama "Punthuk" ? Nama Punthuk sendiri berasal dari bahasa jawa yang kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti Pondok. Memang sih bisa dibilang setiap wisata alam di Magelang yang menggunakan nama Punthuk selalu menyediakan sebuah pondok untuk bersantai. Punthuk Mangir Gunung Payung ini beralamat di Dusun Bulusari, Desa Bawang, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang. Wisata alam termasuk murah, saya kesana sendiri membayar harga tiket masuk Rp. 7000,- sudah termasuk parkir.

Parkiran Motor Dekat dengan Loket (photo by: iwan widi)

Salah Satu Tempat Santai di Wisata Alam ini (photo by: iwan widi)

Spot Foto yang ada di Wisata Alam ini (photo by: iwan widi)

Tempat wisata alam ini bisa dibilang berada di tengah hutan pinus. Selain itu wisata alam ini sangat sejuk dengan udara pegunungan yang sepoi-sepoi. Bisa membuat kita betah berlama-lama bersantai dan menikmati keindahan alam di sekitar. Berikut saya akan menunjukkan beberapa spot foto lain yang ada di wisata alam ini. 

Spot Foto yang Terbuat dari Batang-batang Pohon (photo by: iwan widi)

 Salah Satu Spot Foto yang Dibuat oleh Masyarakat Setempat (photo by: iwan widi)

Spot Foto yang Menyerupai Rumah Suku Indian (photo by: iwan widi)

Tempat Duduk untuk Bersantai (photo by: iwan widi) 

Spot Andalan Foto Terbuat dari Kayu yang Disusun (photo by: iwan widi)

Salah Satu Spot Foto Andalan di Wisata Alam Ini (photo by: iwan widi)

Selain itu, tidak usah khawatir kelelahan karena di tempat wisata ini ada beberapa warung yang bisa kita gunakan untuk membeli makanan dan minuman. Sedikit saran dari saya, bila mengunjungi wisata alam ini sebaiknya di pagi hari dikarenakan belum terlalu panas dan udaranya masih segar. Selain itu, masih sepi bila kita datang ke wisata ini pagi hari dan untuk mengambil foto juga dapat lebih leluasa karena tidak mengantri.

Hammock untuk Bersantai (photo by: iwan widi)

Spot Foto yang Dibuat di Atas Pohon (photo by: iwan widi)

Ayunan yang Ada di Wisata Alam Ini (photo by: iwan widi)

Itulah beberapa spot foto yang ada di lokasi pertama. Jika mau lagi melihat beberapa spot lain, kita akan berjalan kaki sebentar menuju lokasi spot foto yang kedua. Selain itu, wisata alam ini juga bisa digunakan untuk camping karena disediakan sebuah camping ground juga. Kita lanjut ke lokasi kedua. 

Spot Foto Seperti untuk Prewedding dan Rumah-rumahan di Atas Pohon (photo by: Iwan Widi)

Spot Foto Seperti Telepon Umum di Luar Negeri (photo by: Iwan Widi)

Taman Karang Wuluh, Spot Foto yang Bagus untuk Selfie (photo by: Iwan Widi)

Rumah-rumahan yang Dibangun di Atas Pohon (photo by: Iwan Widi) 

Spot Foto Lain yang Ada di Dekat Taman Karang Wuluh (photo by: Iwan Widi)

Camping Ground yang Ada di Wisata Alam Ini (photo by: Iwan Widi)

Untuk diperhatikan bila kita mau foto-foto di rumah-rumahan tadi, batas waktunya 5 menit bila ramai dan juga maksimal 2 orang saja yang bisa naik ke atasnya. Indah bukan ?. Jangan lupa juga kita jangan membuang sampah sembarangan, kita tentu tidak mau melihat wisata alam ini kotor oleh sampah berserakan bukan..? Maka dari itu, marilah kita jaga keindahan alam ini dengan sebaik-baiknya dengan cara menaati peraturan yang ada di setiap lokasi wisata. Wisata alam ini dapat ditempuh dari berbagai jalan. 


Berikut rute atau jalan yang dapat dilalui untuk sampai di lokasi wisata tersebut:

Rute 1 : Dari Magelang - Menuju ke arah jalan Purworejo - ikuti jalan sampai melewati jembatan - ada pasar setelah jembatan - kita ambil kanan - tidak jauh dari pasar ada plakat wisata alam ini - kita ikuti jalan saja sampai ke lokasi. (*bila bingung, kita bisa tanya kepada penduduk sekitar)

Rute 2 : Dari jalan Purworejo - Magelang - ikuti jalan sampai pasar setelah jalan turunan - kita ambil ke kiri - tidak jauh dari pasar ada plakat wisata alam - kita ikuti saja jalannya sampai ke lokasi.
Bila masing bingung dengan rute yang saya jelaskan, lebih enaknya kita gunakan GPS. Mungkin cara ini lebih gampang untuk menemukan lokasi wisata alam ini. Sedikit saran tambahan, bila berkunjung ke wisata alam ini sebaiknya naik kendaraan roda 2. Dikarenakan jalan yang tidak terlalu lebar. Naik roda 2 bisa langsung sampai loket masuk. kalo roda 4, saya belum tahu gimana. Mungkin akan diantar ke lokasi wisata, setelah mobil di parkir di rumah warga. Saya harap berhati-hati bila berkunjung ke wisata alam ini menggunakan roda 2, karena sebelum sampai ke lokasi kita akan melewati jalan kecil di tengah-tengah kebun penduduk. 

Selfie Saya di Punthuk Mangir (photo by: Iwan Widi)

Sebenarnya di sekitar wisata Punthuk Mangir terdapat beberapa tempat wisata lain yang bertemakan wisata alam nan sejuk dan indah. Seperti salah satu contohnya Punthuk Setuko dan Bukit Kembar Payung yang bisa menjadi wisata alternatif di sekitar Punthuk Mangir Gunung Payung. Dengan harga tiket yang terjangkau, pemandangan dan view-nya juga tidak kalah menarik untuk berburu foto. Mungkin cukup sekian postingan dan ulasan dari saya mengenai wisata alam Punthuk Mangir Gunung Payung. Bila ada kesalahan dalam penulisan, saya mohon maaf. Dan terima kasih telah membaca postingan di blog saya ini. (sumber: Kawasan Wisata Punthuk Mangir)



2 comments:

  1. nice inpoh kak.tambah keren ya tempatnya :) coba kunjungi blog kami ya kak ;)
    https://coretandjawani.blogspot.com/

    ReplyDelete