Pages

Thursday 7 December 2017

Menelusuri Air Terjun Tersembunyi, Curug Lawang Kori

iwanwidi.blogspot.com - Pada kesempatan kali ini, saya akan mecoba sedikit mengulas sebuah tempat wisata yang tergolong masih baru dan jarang di kunjungi banyak orang. Nama tempat wisata ini adalah Curug Lawang Kori. Curug atau yang dalam bahasa Indonesia berarti "Air Terjun" ini berada di Windusari, Magelang, Jawa Tengah. Air Terjun ini masih dalam tahap pembangunan dikarenakan ada beberapa spot foto yang baru dibuat. Selain itu, tempat wisata juga masih perlu dikembangkan juga untuk menarik wisatawan berkunjung ke lokasi ini. Airr Terjun ini berada di tengah-tengah hutan bambu. Pada saat saya datang ke tempat ini, debit airnya sedikit jadinya aliran air terjun nya tidak deras. Untuk harga tiket masuknya tergolong murah dan terjangkau yaitu Rp. 5.000,- sudah termasuk parkir kendaraan bermotor. Berikut ini saya akan menampilkan beberapa foto yang saya ambil sewaktu saya berkunjung ke tempat wisata ini.

Foto Gapura Masuk ke Tempat Wisata (photo by: Iwan Widi)

Salah Satu Gubug untuk Bersantai (photo by: Iwan Widi)

Jalan Setapak untuk Mencapai Lokasi Air Terjun (photo by: Iwan Widi)

Untuk mencapai lokasi air terjun dari loket masuk, kita akan menyusuri jalan setapak yang berada di tengah-tengah sawah. Kita akan mengikuti jalan setapak menurun yang jalannya masih tanah liat. Sedikit saran saya, berhati-hatilah dalam menyusuri jalan ini karena apabila kita datang setelah hujan tentunya tanah akan menjadi becek dan licin. Sediakan bekal juga sebelum datang ke wisata ini dikarenakan di dekat lokasi wisata blm ada penjual yang menjual makanan dan minuman.

Toilet yang Masih Butuh Renovasi (photo by: Iwan Widi)

Jembatan yang Dibuat oleh Warga Sekitar (photo by: Iwan Widi)

Tulisan "Lawang Kori"(photo by: Iwan Widi)

Sungguh disayangkan pada saat saya berkunjung ke wisata ini, ada sebuah pohon bambu yang tumbang. Jadi jalan sedikit terhambat dan bisa anda lihat kalau pohon bambu yang tumbang menutupi salah satu spot foto yang ada disana. Anda juga bisa melihat juga, kalau tempat wisata ini banyak sekali tumbuhan pohon bambu di sekitar tempat wisata.

Spot Foto Andalan di Wisata ini  (photo by: Iwan Widi)

Selfie Saya di Lokasi Wisata (photo by: Iwan Widi)

Bila kita liat foto diatas, ada sebuah spot foto yang cukup menarik yaitu beberapa batu yang tersusun dengan unik dan terlihat seperti ada sebuah pintu di antara sela-sela batu tersebut. Batu-batu ini cukup unik karena ada beberapa batu yang tidak ada penyangganya tapi masih bisa berdiri kokoh. Perlu diperhatikan, untuk menuju spot foto ini anda perlu berhati-hati karena kita akan berjalan sedikit ke atas. Spot foto berada di atas jalan setapak yang kita lalui setelah tulisan "Lawang Kori".

Gardu Pandang untuk Melihat Air Terjun dari Atas (photo by: Iwan Widi)

Foto Air Terjun dari Dekat (photo by: Iwan Widi)

Selfie Saya dekat Air Terjun (photo by: Iwan Widi)

Dari foto diatas kita dapat melihat ada sebuah gardu pandang yang dibuat untuk selfie-selfie di atas gardu pandang. Pada saat saya kesana, gardu pandang ini tidak dibuka mungkin karena saya datang ke lokasi ini pada hari biasa. Anda juga bisa melihat kalau Air Terjun Lawang Kori ini tidak terlalu tinggi dan debit airnya juga tidak deras. Jangan kaget juga bila anda datng kesini karena banyak sampah dari daun phon bambu yang sudah kering. Memang tempat wisata ini masih perlu perbaikan dan renovasi terutama dari segi kebersihan perlu ditingkatkan supaya tempat wisata ini banyak pengunjung dan mulai ramai wisatawan. 


Untuk mencapai lokasi wisata ini, saya akan mencoba membagikan rute yang mudah untuk dilalui. Berikut Rute yanmg akan saya bagikan kepada anda semua:

Rute 1 : Dari Magelang Kota - Menuju ke arah Semarang - ikuti jalan saja sampai melewati batas kota - lurus ikuti jalan sampai rambu lalu lintas - kita belok ke kiri - ikuti jalan ini sampai Pasar Windusari - setelah sampai Pasar Windusari - kita lurus sedikit dan belok ke kanan - ikuti jalan ini sampai menemukan gapura seperti foto pertama - kita masuk gapura dan ikuti jalan ini sampai lokasi wisata. 

Rute 2 : Dari arah Semarang ke Magelang - kita lurus saja sampai rambu lalu lintas sebelum masuk Kota Magelang - kita belok kanan - dan ikuti jalan ini seperti rute 1. (*bila anda bingung dengan rute saya, anda bisa menggunakan GPS)

Tambahan dari saya, jangan malu untuk bertanya dikarenakan tempat wisata ini masih minim papan petunjuk arah sehingga inilah yang sulit untuk ditemukan. Mungkin cukup sekian, ulasan yang bisa saya bagi untuk anda semua tentang tempat wisata ini. Bila ada kesalahan kata atau dalam penulisan, saya mohon maaf. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua. sekian dan terima kasih.(sumber: Wisata Air Terjun Lawang Kori)



No comments:

Post a Comment