Pages

Thursday 7 December 2017

Mengejar Sunrise di Punthuk Gupakan

iwanwidi.blogspot.com - Pada postingan saya kali ini, saya akan mencoba membagikan sedikit pengalaman saya mengejar sunrise di Punthuk Gupakan atau Punthuk Kendhil. Lokasi wisata ini berada di Giritengah, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Waktu itu saya sempatkan untuk bangun pagi-pagi sekali, saya penasaran dengan sunrise yang dapat dilihat dari tempat wisata ini. Saya berangkat dari rumah jam 04.30, perjalanan kurang lebih memakan waktu 45 menit sampai 1 jam sampai lokasi wisata. Saya mengendarai motor saya sedikit lebih cepat karena saya tidak ingin ketinggalan momen sunrise ini. Sesampainya di lokasi wisata, kita akan parkir motor di dekat rumah warga. Perlu diketahui, wisata ini berada di tengah-tengah rumah penduduk. Wisata ini juga dibangun di dekat ladang penduduk sekitarnya. Untuk harga tiket masuknya Rp.7000.- sudah termasuk parkir motor.

Foto Tiket Masuk (photo by: Iwan Widi)

Jalan menuju Lokasi (photo by: Iwan Widi)

Bila kita lihat dari foto diatas, kita harga tiket masuknya tidak terlalu mahal dan terjangkau. Jalan yang akan kita lewati  menuju beberapa gardu pandang sudah tertata rapi dengan batu yang sudah di cor dengan semen. Saat kita berjalan menyusuri jalan ini, di sekitarnya kita bisa melihat ladang penduduk. Di tempat ini juga sudah tersedia toilet kecil yang dibuat oleh warga sekitar. jarak antara loket dan tempat gardu pandangnya tidaklah jauh, kira-kira kita akan berjalan 5 menit. Tidak jauh bukan ? Jadi anda tidak perlu takut kelelahan jalan kaki sebentar menuju lokasi gardu pandangnya. 

Salah Satu Gardu Pandang (photo by: Iwan Widi)

Kolam Kecil Berbentuk Love (photo by: Iwan Widi)

Salah Satu Gubug yang Ada Disana (photo by: Iwan Widi)

Jika kita liat dari foto diatas, kita bisa naik ke atas gardu pandang untuk melihat sunrise dari atas gardu pandang. Selain itu kita bisa bersantai-santai di gubug yang ada disana sambil menunggu sunrise. Ada juga sebuah kolam kecil yang berbentuk Love yang dibuat oleh warga sekitar. Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkunjung ke wisata ini. Selain masih sepi, udara pagi juga masih segar.


Spot Foto yang Ada Disana (photo by: Iwan Widi)

Sunrise yang Mulai Muncul (photo by: Iwan Widi)

Papan Tata Tertib Disana (photo by: Iwan Widi)

Bisa anda lihat juga, ada spot foto lain di wisata ini. Sebuah spot yang tidak terlalu tinggi dan berada di tengah-tengah tanaman bunga. Selain itu ada juga papan Tata Tertib yang ada disana, tetap taati peraturan di manapun tempat wisata ya guys ? Menjaga keindahan alam ini dengan membuang sampah pada tempatnya dan tidak merusak fasilitas yang ada di berbagai tempat wisata tentunya. Saya mohon maaf, foto sunrise yang saya ambil kurang bagus karena saya mengambil foto ini menggunakan kamera ponsel android. 

Spot Foto yang Terbuat dari Bambu (photo by: Iwan Widi)

Spot Foto Gubug diatas Pohon (photo by: Iwan Widi)

Spot Foto seperti Sebuah Bingkai (photo by: Iwan Widi)

Spot Foto Berbentuk Love (photo by: Iwan Widi)

Kita bisa lihat dari beberapa foto diatas, kalau disana ada juga beberapa spot foto menarik yang terbuat dari bambu. Dari Gubug yang dibuat diatas pohon yang bisa gunakan untuk bersantai, ada juga spot foto berbentuk bingkai dan spot foto lainnya yang berbentuk Love. Anda juga bisa melihat dari foto diatas, kabut yang menutupi tumbuh-tumbuhan yang ada di bawahnya. Kita seperti berada di atas awan. Ditambah dengan dua gunung indah sebagai background-nya yaitu Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Spot Foto Andalan disana (photo by: Iwan Widi)

Selfie Saya dengan Background 2 Gunung (photo by: Iwan Widi)


Foto Lokasi Wisata yang Diambil dari Atas Gardu Pandang (photo by: Iwan Widi)

Mungkin itulah yang bisa saya bagikan pengalaman saya sewaktu mengejar sunrise di Punthuk Gupakan ini. Untuk Rute menuju tempat wisata ini, mirip dengan postingan saya tentang Punthuk Mongkrong.


Rute-nya : Dari Candi Borobudur - Menuju jalan ke Rumah Kamera - Belok kanan di perempatan sebelum Rumah Kamera - Ikuti jalan ini sampai perempatan lagi - Kita belok kiri - ikuti jalan ini nanti ketemu pertigaan - ambil jalan yang ke kanan - ikuti lagi jalan ini - sampai pertigaan, kita ambil jalan yang lurus - dari sini akan ada beberapa petunjuk arah menuju ke wisata ini.(*untuk lebih jelasnya kita bisa gunakan GPS, supaya anda bisa menemukan tempat wisata ini) 

Cukup sekian sedikit ulasan yang bisa saya bagikan kepada anda semua. Bila ada kesalahan dalam penulisan, saya mohon maaf. Semoga postingan ini bermanfaat untuk anda semua. Sekian dan Terima Kasih.(sumber: Wisata Alam Punthuk Gupakan atau Punthuk Kendil)  



Video Singkat Sunrise di Punthuk Gupakan (video by: Iwan Widi)







No comments:

Post a Comment