Pages

Sunday 11 March 2018

Menelusuri Jejak Sejarah di Candi Asu Sengi Magelang

iwanwidi.blogspot.com - Halo Traveler, salam sehat selalu untuk kita semua. Pada postingan saya kali ini masih akan membahas tentang wisata candi. Kalau pada postingan saya sebelumnya, saya membahas tentang Candi Lumbung maka pada artikel saya kali ini akan membahas sebuah candi lain di Magelang dan berdekatan dengan Candi Lumbung


Nama Candi ini adalah Candi Asu Sengi atau Candi Anjing. "Asu" merupakan sebuah kata bahasa jawa yang berarti Anjing. Candi ini terletak di Dusun Candi Pos, Desa Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Candi ini merupakan candi peninggalan jaman kerajaan Mataram Kuno yang bercorak agama Hindu. Meskipun tidak sebesar candi lainnya, candi ini cocok bagi kita yang suka berkunjung ke situs purbakala.

Foto Candi Asu

Candi Asu Sengi ini sebenarnya bukan nama aslinya karena nama asli dari candi ini belum diketahui secara pasti. Penamaan candi ini dengan nama ASU (Anjing - dalam bahasa Indonesia) diberikan oleh masyarakat sekitar sewaktu pertama kali candi ini ditemukan. Pertama kali ditemukan ada sebuah patung Lembu Nandhi  yang telah rusak dan lebih mirip menyerupai Asu. Sedangkan Sengi merupakan nama desa candi tersebut ditemukan. Maka dari itu warga menyebutnya Candi Asu Sengi. Bila kita lihat dari foto diatas, candi ini tidak memiliki atap seperti candi lainnya. Mungkin saja atap dan bagian lainnya dari candi ini belum ditemukan.

Candi ini bisa traveler kunjungi menggunkan kendaraan bermotor baik itu roda 2 maupun roda 4. Untuk menemukan lokasinya pun tergolong mudah karena terletak di pinggir jalan. Perlu diingat bahwa saat kita mengunjungi candi ini, tidak ada tempat untuk parkir kendaraan bermotor kita jadinya kita parkir di pinggir jalan utama. Untuk biaya masuknya Free atau Gratis. Wisata ini cocok bagi traveler kunjungi bersama teman, pasangan maupun keluarga.
Rute-nya : Magelang - Blabak - Sawangan - Dusun Candi Pos - Candi Asu Sengi.
(*nb: traveler bisa menggunakan Google Maps untuk menemukan lokasi Candi Asu Sengi ini)

Selfie Saya di Candi Asu

Tidak banyak yang bisa bahas mengenai Candi Asu ini, destinasi wisata ini bisa masuk agenda traveler saat berwisata ke Magelang. Semoga posting-an saya kali ini bermanfaat untuk traveler yang berkunjung ke blog saya ini. Akhir kata saya ucapkan banyak terima kasih telah mengunjungi blog saya ini. Shalom dan Happy Holiday.(Sumber: Kawasan Wisata Candi Asu)

No comments:

Post a Comment