Pages

Monday 8 January 2018

Ngadem Asyik di Air Terjun Sekarlangit

iwanwidi.blogspot.com - Pada postingan saya kali ini, saya akan sedikit mengulas tentang sebuah air terjun. Masih di sekitar tempat saya tinggal yaitu Magelang, ada begitu banyak tempat wisata yang bisa traveler kunjungi bila ingin berwisata di Magelang. Tidak hanya Gardu Pandang, ada juga beberapa air terjun baik yang sudah terkenal maupun yang masih baru. Wisata air terjun yang saya ulas ini termasuk yang sudah banyak dikenal banyak orang. Nama Air Terjun ini adalah Air Terjun Sekarlangit. Air Terjun ini diambil dari 2 kata yaitu "Sekar yang berarti Bunga dan Langit". Wisata alam ini konon menurut legenda Tanah Jawa, tempat mandi Bidadari dan tempat bertapa atau meditasi Joko Tarub. Air Terjun ini berlokasi di Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Untuk mencapai lokasi wisata ini jalannya hampir sama dengan postingan saya sebelumnya tentang Air Terjun Seloprojo. Untuk harga tiket masuk wisata ini tergolong murah meriah yaitu Rp. 7000,- sudah termasuk parkir motor dan asuransi. 

Foto Tiket Masuk Air Terjun (photo by : Iwan Widi)

Setelah selesai melakukan pembayaran tiket masuk, maka kita akan berjalan sekitar 500 meter menuju ke air terjunnya. Perjalanan kurang lebih sekitar 15 menitan. Tidak perlu khawatir karena jalan menuju air terjun sudah halus dan juga dengan jalan melewati pohon-pohon yang lebat di sepanjang jalan membuat perjalanan  kita tidak akan terasa kepanasan dari teriknya matahari siang. Alangkah baiknya kita sediakan perbekalan baik itu makanan maupun minuman supaya kita tidak haus selama berjalan kaki menuju lokasi air terjunnya. 

Jalan Menuju Lokasi Air Terjun Sekarlangit (photo by : Iwan Widi)

Selain perjalanan yang cukup menyenangkan menurut saya, perlu diingat juga hati-hati dalam berjalan karena ada beberapa hewan yang ada di sekitar tempat kita berjalan. Bila beruntung kita akan bisa melihat beberapa kera yang turun ke jalan akan kita lalui menuju air terjun. di sepanjang jalan, kita akan mendenganr suara derasnya sungai yang dialiri dari air terjun ini. Setelah kita berjalan sekitar 15 menitan, maka kita akan sampai tempat air terjun berada. Berikut beberapa foto yang akan saya bagikan kepada traveler semua.

Air Terjun Dilihat dari Jauh (photo by : Iwan Widi)

Foto Air Terjun dari Dekat (photo by : Iwan Widi)

Selfie Saya dengan Air Terjun Sekarlangit (photo by : Iwan Widi)

Tempat wisata ini cocok untuk bersantai dengan menikmati keindahan alam disekitar air terjun disertai dengan suara derasnya air terjun. Traveler bisa mengajak Keluarga, Teman maupun Pacar untuk berwisata di tempat ini. Dengan medan jalan yang mudah tentunya akan membuat perjalanan cukup menyenangkan bukan? Hati-hati juga bila kita akan berfoto-foto di tempat ini, karena beberapa batu yang berada di bawah air terjun ini cukup licin terkena aliran air dari air terjun. Untuk fasilitas di tempat wisata ini ada Toilet, itupun berada di dekat loket wisatanya. Bila kita berkunjung ke wisata ini, sebaiknya kita menjaga keindahan alam disini dengan membuang sampah pada tempatnya. Tidak enak bukan bila kita berwisata dengan begitu banyak sampah bertebaran di sekitar wisata.  

Rute menuju ke tempat wisata ini tergolong mudah dengan akses jalan aspal yang halus. Disini saya akan membagikan sedikit rute yang enak buat kita lalui menuju ke tempat wisata air terjun ini. Jalan yang akan bagikan ini sama dengan jalan menuju ke Air Terjun Seloprojo.


Rute-nya : Di mulai dari Kota Magelang - Kita ambil jalan menuju ke arah Semarang - Sesampainya di pertigaan Secang - Kita ambil jalan lurus - Sampai di pertigaan lagi, kita ambil jalan yang ke kanan ke arah Grabag - Ikuti jalan ini sampai Perempatan Pasar Grabag - Dari perempatan ini kita ke kiri - Ikuti jalan ini sampai pertigaan - Dari pertigaan ini kita belok ke arah kanan - Ikuti jalan ini sampai ke tempat wisata Air Terjun Sekarlangit.(*bila anda bingung dengan penjelasan rute saya ini, gunakan GPS dan juga bertanya dengan penduduk sekitar akan membantu anda sampai ke tempat ini)

Mungkin hanya ini yang bisa saya bagikan kepada anda semua tentang Air Terjun Sekarlangit ini. Tidak banyak yang bisa saya ceritakan tentang wisata ini, tetapi tempat wisata ini enak dan asyik untuk dikunjungi saat anda berkunjung ke Magelang. Bila ada beberapa kesalahan dalam penulisan postingan ini, saya mohon maaf. Semoga postingan saya ini bermanfaat untuk anda semua. Terima Kasih telah mengunjungi dan membaca postingan di blog saya ini.(sumber : Wisata Alam Air Terjun Sekarlangit)  




No comments:

Post a Comment