Pages

Wednesday 3 January 2018

Suasana Sejuk dan Alami Curug Sikencling

iwanwidi.blogspot.com - Hallo Guys!! Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas sedikit tentang sebuah wisata alam. Nama alam ini adalah Curug Sikencling atau Air Terjun Sikencling yang berada di Desa Wisata Dampit. Wisata alam ini beralamat di  Sikencling , Dampit, Windusari, Magelang, Jawa Tengah. Tempat wisata ini masih tergolong baru dan masih dalam tahap pembangunan oleh penduduk sekitar. Hal ini dikarenakan pada saat saya berkunjung ke wisata alam ini belum dikenai biaya retibusi alias free (gratis). Seperti halnya wisata alam di sekitarnya, di wisata alam ini ada sebuah gardu pandang sebelum kita berjalan menuju ke lokasi air terjunnya. Berikut beberapa foto yang ada di wisata alam ini.

 Foto Gardu Pandang disana (photo by : Iwan Widi)

Selfie Saya di Kolam Berbentuk Love (photo by : Iwan Widi)

Bisa kita lihat dari foto diatas kalau tempat wisata ini belum dikenai retibusi saat saya berkunjung ke tempat ini. Sebuah loket yang masih belum ada penjaga dan juga sepi pengunjung tentunya yang menjadi alasan wisa ini masih dalam tahap pembangunan. Tempat wisata ini juga berada di antara rumah penduduk dan dekat dengan ladang penduduk. Itu adalah foto diatas sebelum kita menuju air terjun. Berikut saya akan bagikan beberapa foto menuju lokasi air terjun.

Pintu Masuk menuju Air Terjun (photo by : Iwan Widi)

Sebuah Teguran dan Papan Petunjuk Arah (photo by : Iwan Widi)

Jalan Setapak menuju Air Terjun (photo by : Iwan Widi)

Untuk mencapai lokasi air terjunnya, maka kita akan berjalan menuruni jalan setapak yang sudah dibuat oleh penduduk sekitar. Perjalanan menyusuri jalan setapak ini kurang lebih 10 - 15 menit sampai lokasi air terjunnya. Saran saya sediakan bekal makanan dan minuman dikarenakan di tempat wisata ini belum ada warung makan yang menjual aneka makanan dan minuman. Selain itu, kita akan kelelahan saat kita akan kembali ke atas menaiki jalan ini kembali. Harap berhati-hati selama berjalan karena jalan ini juga licin bila kita datang ke wisata ini setelah hujan. Struktur jalan yang masih terbuat dari tanah liat dan bambu yang menjadi alasan kita wajib berhati-hati. Berikut saya bagikan beberapa foto air terjunnya.
Foto dari Jauh Air Terjun Sikencling (photo by : Iwan Widi)

Spot Foto Love di Depan Air Terjun (photo by : Iwan Widi)

Setelah kita menyusuri jalan setapak tadi, kita bisa melihat air terjunnya dari kejauhan dengan sebuah rumah pohon yang berada disana. Air Terjun ini masih tergolong alami dikarenakan jarang pengunjung yang datang kesini saat saya kesana. Disana ada juga beberapa spot foto yang bisa kita gunakan untuk ber-selfie dengan background air terjunnya. Suasana disana sejuk, tempat yang tepat untuk menyatu dengan alam. Walaupun Air Terjun Sikencling ini tidak deras seperti air terjun yang lain, tapi untuk tempat refreshing masih okelah. Fasilitas yang ada di dekat wisata air terjun ini baru disediakan sebuah toilet yang tidak begitu besar. Mungkin nanti bila wisata alam ini sudah dikelola penduduk sekitar, wisata ini akan ramai dikunjungi dan ada beberapa fasilitas lain yang disediakan di tempat wisata ini. 
Foto dengan Background Air Terjun (photo by : Iwan Widi)

Selfie Saya di Dekat Air Terjun (photo by : Iwan Widi)

Itulah beberapa foto yang bisa saya bagikan kepada anda semua. Berikut ini saya akan membagikan Rute menuju lokasi Air Terjun ini. Untuk Rute-nya hampir sama dengan postingan saya sebelumnya tentang Gardu Pandang Silancur. Wisata ini bisa menjadi alternatif lainnya bila akan berkunjung ke Gardu Pandang Silancur. 


Rute-nya : Kita mulai dari Alun-alun Magelang menuju Barat ke arah Bandongan - Sesampainya di Pasar Bandongan lurus saja - Ikuti jalan ini sampai pertigaan Tonoboyo - Ambil jalan menuju Kalegen - Lurus saja ikuti jalan ini sampai pertigaan berbentuk huruf Y - Kita ambil jalan yang ke kiri ke arah Mangli - Lurus ikuti jalan ini - Perempatan pertama lurus - Perempatan kedua ini kita belok ke kanan - Ikuti jalan ini sampai Dampit. (*bila saudara bingung, saudara bisa gunakan GPS atau bisa bertanya dengan penduduk sekitar lokasi wisata ini)

Mungkin inilah yang bisa saya bagikan kepada anda semua tentang wisata alam ini. Bila ada kesalahan dalam penulisan postingan ini, saya mohon maaf dan juga semoga postingan saya ini berguna bagi anda semua pembaca artikel di blog saya ini. Sekian dan Terima Kasih. Salam dari Penulis.(sumber : Wisata Alam Air Terjun Sikencling)



No comments:

Post a Comment