Pages

Wednesday 4 January 2017

Melihat Sisi Lain Keindahan Candi Selogriyo

iwanwidi.blogspot.com - Pernahkah anda mendengar kata Candi? Tentu anda pernah mendengarnya. Di negara kita Indonesia ada begitu banyak candi. Candi Borobudur, Candi Prambanan, dll. Begitu banyak candi tersebar di Indonesia. Pada artikel saya ini, saya ingin membagikan pengalaman saya mengunjungi sebuah candi yang tersembunyi di Magelang. Candi ini bernama Candi Selogriyo. Candi ini berada di Dusun Campurejo, Desa Kembangkuning, Kec. Windusari. Rute menuju wisata ini : Magelang - Bandongan - Pertigaan Pasar Bandongan ke kanan - Ikuti jalan sampai menemukan petunjuk jalan ke wisata ini.

Plakat Petunjuk Jalan ke Candi (photo by: Iwan Widi)

Setelah menemukan plakat ini, kita masuk mengikuti jalan ini. Untuk menuju ke wisata candi ini masih lumayan jauh. Setelah kita melewati Dusun, kita akan menemukan loket untuk masuk ke candi. 

Loket Wisata Candi Selogriyo (photo by: Iwan Widi)

Saya sarankan bagi anda yang berkunjung ke wisata ini menggunakan sepeda motor. Hal ini dikarenakan jalan yang sempit dan hanya bisa dilalui sepeda motor. Berhati-hatilah saat menuju kesana, selain akses jalan yang sempit jalannya juga licin bila kita kesana setelah hujan. Jalan ini juga agak susah bila kita berpapasan dengan warga sekitar, jadi salah satu harus mengalah biar bisa jalan. 

Tiket Masuk ke Candi (photo by: Iwan Widi)

Harga tiket masuknya termasuk murah Rp. 4.000,- saat saya berkunjung kesana. Dengan harga tiket yang terjangkau, kita dapat menikmati keindahan alam sepanjang jalan menuju lokasi candi. Perlu diperhatikan, apabila akan berkunjung ke wisata ini sebaiknya hati-hati karena jalannya hanya bisa dilewati 2 motor saja. Selain itu, di sepanjang jalan kita akan melihat sawah penduduk sekitar.

Jalan Menuju ke Candi Selogriyo (photo by: Iwan Widi)

Setelah melewati jalan ini, kita akan sampai di gerbang masuk menuju candi. Di pintu gerbang ini juga, kita akan memarkir motor kita. pastikan kunci motor anda supaya aman.
  
Pintu Gerbang menuju Candi (photo by: Iwan Widi)

Tangga menuju Candi (photo by: Iwan Widi)

Ikuti tangga naik menuju candi. Kita akan berjalan kira-kira 5 - 7 menit sampai ke lokasi candi. Setelah kita sampai di Candi, kita akan diminta untuk mengisi buku tamu oleh warga yang menjaga tempat wisata ini.

Papan Nama Candi Selogriyo (photo by: Iwan Widi)

Buku Tamu Pengunjung Candi Selogriyo (photo by: Iwan Widi)

Pada buku tamu anda bisa mengisi sesuai yang tertera disana. Walaupun tidak sebesar Candi Borobudur, Candi ini layak untuk dikunjungi karena suasananya nyaman dan sejuk. Waktu itu saya datang di pagi hari waktu masih berkabut jadi dingin. 


Foto Candi dari Jauh (photo by: Iwan Widi)

Foto Candi Selogriyo dari Samping (photo by: Iwan Widi)

Foto Candi Selogriyo dari Dekat (photo by: Iwan Widi)

Foto Candi Selogriyo dari Samping Lainnya (photo by: Iwan Widi)

Itulah beberapa foto yang bisa saya bagikan pada artikel yang saya buat ini. Bagi anda yang berkunjung ke Magelang, tidak ada salahnya berkunjung ke wisata ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua pembaca artikel saya ini. Sekian dan Terima Kasih.(sumber: Kawasan Wisata Alam Candi Selogriyo)


No comments:

Post a Comment