Pages

Monday 23 January 2017

Menikmati Keindahan Alam Pegunungan Menoreh dari Punthuk Mongkrong

iwanwidi.blogspot.com - Punthuk Mongkrong adalah salah satu wisata yang termasuk masih baru di Magelang. Disini saya akan membagikan sebuah artikel tentang wisata yang satu ini. Punthuk Mongkrong berada di Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Puncak ini berada di ketinggian 624 mdpl. Wisata ini menawarkan panorama sunrise di pagi hari serta pemandangan Candi Borobudur, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Bukit Rhema, dan Punthuk Sukmojoyo karena menghadap ke timur. Pemandangan Puncak Suroloyo dan Pegunungan Menoreh di sebelah baratnya. Harga tiket masuk wisata ini terbilang murah Rp. 10.000,-/orang, kita akan mendapatkan akses wifi gratis yang disediakan di tempat wisata ini dan tiket parkir motor Rp. 2000,-

Jalan Masuk menuju Punthuk Mongkrong (photo by : Iwan Widi)

Loket Masuk Wisata Punthuk Mongkrong (photo by : Iwan Widi)

Pintu Masuk Wisata Punthuk Mongkrong (photo by : Iwan Widi)

Untuk menuju ke lokasi wisata dari loket, kita akan menempuh perjalanan sekitar 10 menit menyusuri jalan setapak di tengah ladang penduduk. Sediakan bekal makanan dan minuman karena jaalan yang akan kita lalui sedikit menanjak.Wisata alam ini juga menyediakan tempat-tempat untuk berteduh dari panasnya terik matahari. Selain itu tempat wisata ini juga memiliki beberapa spot foto yang bisa kita gunakan untuk ber-selfie dengan teman, pacar, maupun keluarga. Waktu yang tepat mengunjungi wisata ini pada pagi hari dikarenakan matahari belum terlalu tinggi dan udara masih sejuk. Selain itu kita bisa bebas berfoto-foto tanpa harus mengantri.


Tempat Berteduh di Punthuk Mongkrong (photo by : Iwan Widi)

Spot Foto di Punthuk Mongkrong (photo by : Iwan Widi)

Gardu Pandang di Punthuk Mongkrong (photo by : Iwan Widi)

Tempat Berteduh Lainnya di Punthuk Mongkrong (photo by : Iwan Widi)

Berfoto di Punthuk Mongkrong (photo by : Iwan Widi)

Spot Foto Baru di Punthuk Mongkrong (photo by : Iwan Widi)

Rute menuju wisata ini dari Candi Borobudur dimulai dengan menyusuri jalan beraspal yang berada di samping Hotel Manohara Resort BorobudurIkuti jalan beraspal ini sampai menemukan perempatan sebelum SDN Tuksongo 1, ambil jalan yang ke kanan sampai menemukan perempatan jalan. Dimulai dari perempatan ini sudah banyak sekali petunjuk menuju Punthuk Mongkrong. Jika saudara-saudara mencoba mengunjungi tempat wisata ini ada baiknya menggunakan sepeda motor dalam kondisi prima dan normal karena jalannya menanjak dan hanya bisa dilewati satu sepeda motor saat memasuki pintu masuk wisata. Saya sarankan berhati-hati juga saat mengunjungi wisata ini dikarenakan banyak tanjakan yang tajam dan disertai jalan yang masih rusak. Wisata ini cocok bagi anda yang suka menyaksikan panorama sunrise dan sunset. Wisata ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang sedang berkunjung ke Candi Borobudur. 

Selamat mencoba berwisata ke tempat ini. Terima Kasih telah mengunjungi blog saya ini. Semoga bermanfaat bagi anda semua.(sumber: Kawasan Wisata Alam Punthuk Mongkrong)



No comments:

Post a Comment